Friday, October 24, 2008

Bahan Penolong

Seperti disinggung sebelumnya, kretek adalah rokok dengan campuran tembakau dan cengkeh. Tetapi terlepas dari bahan baku utamanya, ada beberapa bahan lain yang menjadikan sigaret kretek itu yang sebut bahan-bahan penolong.
Bahan penolong ini bisa di dapat dari penyedia bahan rokok dan percetakan.
Bahan-bahan tersebut adalah :
• Kertas ambri
Kertas ambri atau kertas rokok, yang merupakan bahan pembungkus campuran tembakau dan cengkeh BSP (Bahan Siap Campur). yang membentuk batang rokok. Kertas ini terbuat dari selulose dan bisa menggunakan zat tambahan untuk menjaga warna putih, membentuk abu yang baik dan menjaga pembakaran yang baik. Pelekat sideseam, yang merupakan pelekat kertas rokok yang digunakan dalam jumlah yang sangat kecil. Kertas ambri ini sangat di perlukan untuk semua jenis rokok kecuali Rokok Klobot yang pembungkusnya terbuat dari daun jagung dan Cerutu yang pembungkusnya dari daun tembakau yang di keringkan. biasanya di antara ujung hisap dan badan rokok terdapat cap khas masing-masing pabrik.

Ukuran kertas ambri untuk kretek Disesuaikan dengan ukuran batang rokok tetapi hanya selisih beberapa millimeter antar pabrikan kretek. Beberapa pabrik ternama, untuk daerah bakar batangan terdapat logo atau tulisan khas perusahaan masing-masing, tulisan tersebut sangat samar sekali dengan cara di emboss sehingga menambah penampilan yang menarik. Karena system emboss harus dengan minimum order dan Semakin pesatnya teknologi percetakan, beberapa pabrik menengah dan kecil menghiasi kertas ambri tersebut dengan tinta food great yang penampilannya akan lebih bagus dan mirip di emboss.
Dalam satu batang rokok di perlukan 1 lembar kertas ambri.

• Kertas Tipping
Kertas ini sebagai pembungkus Filter yang terdapat dalam rokok jenis filter, baik filter leguler maupun jenis mild. Tipping ini berbentuk roll panjang kurang lebih 6000 meter dalam satu rol.Jika dalam rokok Kretek Ambri biasanya di celup dalam komposisi chaos khusus ambri Tapi di Roll tipping filterini sudah ada yang manis dari pabriknya. Tiping khusus rokok mild saat ini terdapat bolong yang sangat kecil yang berfungsi untuk fentilasi agar supaya tar dan nikotin yang terhisap akan jauh lebih kecil. Dalam salah satu rokok mild terkenal dengan nama Laser. Jendela ini yang akan mendukung mengurangi kadar tar dan nikotin yang terhisap selain tembakau olahan yang memang sudah kadar nikotin rendah. Kertas tipping, yang merupakan kertas pembungkus filter yang menjangkau sampai ke batang rokok. Kertas tiping merupakan pengikat antara batang rokok dan batang filter, terbuat dari fiber selulose dan mungkin dilapisi oleh zat kimia. Pelekat juga digunakan untuk melekatkan kertas tipping ke batang filter dan batang rokok. Tinta monogram, yang digunakan untuk mencantumkan merek rokok.Ada beberapa produk yang mereknya dicantumkan di kertas tipping dan ada juga beberapa yang di kertas rokok.
Dalam satu batang rokok di perlukan 1 potong kertas tipping.

• Filter
Filter, yang dihubungkan ke batang rokok untuk menangkap sebagian partikel yang ada di asap rokok sehingga mengurangi kadar tar dan nikotin di asap rokok yang dihisap, seperti yang diukur oleh standar tes mesin rokok. Filter itu sendiri terbagi dari empat bagian, tow (rangkaian selulose asetat sebagai badan filter), plasticizer (zat pelunak untuk mengikat filter), plug wrap (kertas pembungkus fiber filter) dan pelekat (sebagai pelekat plug wrap).
Filter adalah penyaring yang utama yang terdapat dalam ujung sedot rokok berjenis kretek filter, Mild maupun putihan. Ini yang membedakan antara rokok kretek, klobot, cerutu dengan rokok jenis filter. Mungkin anda bisa bayangkan perbedaan kadar tar nikotin yang terdapat dalam asap rokok jenis kretek dengan rokok jenis filter. Dalam satu batang rokok di perlukan 1 potong filter.

• Grenjeng atau Alumunium Foil
Kertas ini selain untuk penampilan juga berfungsi untuk melindungi aroma rokok agar tidak cepat hambar dan lembab. Tapi tidak semua rokok memakainya dengan alasan masing-masing.
Contoh rokok yang memakai alumunium foil ini adalah Sampoerna Hijau. Sedangkan untuk rokok yang tidak memakainya adalah 234. Alumunium foil di pakai oleh semua jenis rokok filter baik Filter Mild maupun Filter Reguler.
Dalam satu bungkus rokok memerlukan satu lembar Alumunium Foil.


• Plastik Dalam
Plastik ini berfungsi seperti kertas grenjeng,untuk mengamankan batang rokok dari lembab air juga untuk membungkus aroma agar tidak cepat hambar. Plastikini dapat di pakai sebagai alternative selain grenjeng. Contoh pemakai plastic ini adalah Djarum 76, Sejati dll.
Dalam satu bungkus rokok memerlukan 1 lembar plastik.

• Etiket
Kertas ini adalah identitas dari semua jenis barang, tidak hanya di produk rokok. Tetapi khusus produk rokok di pasang setelah alumunium Foil atau plastik, fungsinya adalah sama yaitu untuk identitas warna, Tulisan, lambang, peringatan pemerintah dll. Ukurannya tergantung dari masing-masing merek dagang, dan terpengaruh sangat besar dari ukuran batang dan jumlah batang. Jenis etiket dipakai untuk estetika atau penampilan rokok tersebut agar lebih menarik pembeli.
Etiket terbagi atas dua jenis, yaitu Hard pack, misalnya Gudang Garam Internasional, Sampoerna Mild, semua jenis mild dan jenis ke dua adalah Soft pack, misalnya 234, Djarum Coklat.
Khusus untuk pemakai Hard pack, diperlukan lidah di dalamnya yang berfungsi sebagai penopang bungkus rokok agar terlihat kokoh dan padat.
Dalam satu bungkus rokok memerlukan 1 lembar etiket dan 1 buah Lidah

• Plastik OPP
Plastik ini adalah pelindung bagian luar dari bungkus rokok berfungsi untuk melindungi rokok dari air. Tidak semua merek rokok memakai plastic ini tapi khusus jenis rokok filter sedangkan pemakai Hard Pack harus memakai Plastik OPP. Merek yang tidak memakai OPP adalah 234.
Dalam satu bungkus rokok memerlukan 1 lembar OPP.

• Doos Press
Doospress adalah wadah untuk pak rokok sebelum di pasarkan, umumnya 1 doospress terisi 10 atau 20 pak rokok, fungsinya adalah selain untuk pengepakan bungkus rokok juga adalah sebagai pelindung pak rokok di pasaran. Biasanya Dosspress hampir mirip dengan pak rokoknya yang mencerminkan identitas rokok tersebut.
Untuk 1 Doss Press dapat memuat 10 atau 20 pak rokok

• Kertas Bal
Ada beberapa jenis kertas bal tapi secara global terbagi atas dua jenis, kertas ber plastic dan kertas tidak ada plastiknya. Tetapi semua mempunyai fungsi yang sama, kebanyakan untuk pabrik kecil mereka memakai kertas reject dari pabrik semen.
Satu Kertas bal memembungkus 10-20 slove rokok.

• Kardus
Tidak semua pabrikan memakai kardus ini terutama pabrik kecil dan menengah. Karena pabrikan besar mempunyai kapasitas uang besar dengan memakai kardus akan mempermudah pendistribusian rokok.
Satu Kardus memuat 4 atau 8 bal rokok.
Gambaran perhitungan bahan penolong ini secara global dan akan berguna untuk penentuan harga pak rokok atau HPP untuk perusahaan adalah sebagai berikut:


Batang Pak Slove Bal
Batang 1 12 120 2400
Pak 12 1 10 200
Slove 120 10 1 20
Bal 2400 200 20 1

1 batang memerlukan berat 2 gr-2.3 gr tembakau BSP.

Nanti saya lengkapi dengan fotonya ya...

Tembakau, chaos, cengkeh, ambri, gilingan, kertas pack, plong, kain gilingan, tong, ember, kursi,meja, lem, kotak rokok, alat packing,kertas bal, Grenjeng


No comments: