Saturday, February 28, 2009

Nilai InvestasiTembakau Papi Ploso

Rokok suatu barang yang fenomenal karena pembicaraan yang hangat saat ini karena terdapat pro dan kontra, tapi rokok masih termasuk barang primer yang masih banyak di cari masyarakat. Keberadaan rokok masih tetap di butuhkan karena selain membuka lapangan kerja juga sebagai penghasil pajak terbesar bagi Negara dari nilai cukai rokok. Kota Malang adalah kota di mana perusahaan rokok paling banyak se Jawa Timur dan perusahaan rokok terbanyak ke 2 seluruh Indonesia setelah Kota Kudus, Jawa Tengah.
Prospek di bidang ini masih sangat terbuka lebar. (Di Asia, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, Indonesia menempati urutan ketiga terbanyak jumlah perokok yang mencapai 146.860.000 jiwa). dan terbanyak pertama dunia perokok remaja.
Tembakau adalah salah satu bahan baku utama pembuatan rokok di samping chaos dan cengkeh. Terdapat 47 jenis tembakau yang tersebar di nusantara ini, salah satunya adalah tembakau Pakpi. Tembakau ini termasuk tembakau jawa yang pengolahannya terbagi atas empat cara dan di sebuat sebagai Hang Pakpi, Rajangan Pakpi Ploso (RPP), Krosok pakpi (Janturan) dan NS-0.

Tembakau ini di hasilkan di daerah ploso jombang dan terbagi atas dua jenis tembakau pakpi yaitu Pakpi Jinten (Sambujo) dan Pakpi Manila. Semua jenis dan sistem pengolahan yang berbeda beda tersebut mempunyai tujuan pemasaran dan komposisi bahan baku rokok yang berbeda pula. Setiap pabrik mempunyai selera yang berbeda-beda karena akan berpengaruh terhadap rasa rokok tersebut. Keunikan tembakau jenis ini adalah rasa dan aroma yang khas sehingga semua jenis rokok kretek pasti memakai tembakau Pakpi.

Tembakau Pakpi di pakai oleh semua jenis rokok kretek maka sangat terbuka prospek bisnis dalam penjualan tembakau jenis Pakpi karena selain kami sangat mengenal wilayah penanaman favorit, juga kami sangat mengetahui hasil tembakau yang baik dan dapat di terima oleh selera pabrikan pada umumnya.
Usaha jual beli dan penyedia tembakau jenis pakpi ini kami lakukan ketika kami mendapatkan kepercayaan dari beberapa pabrik besar, pabrik kecil dan supplier tembakau di daerah malang dan Sidoarjo untuk memilihkan dan mengirimkan tembakau ke tempat mereka masing-masing yang sebelumnya kami hanya mendapatkan fee dari pembelian dan penjualan tembakau tersebut. Berarti selama ini pembangunan relationsheep secara individu dan professional antara kami dengan konsumen sudah tercipta dan terbangun dengan baik. Hal ini akan memudahkan untuk penjualan karena market yang sebelumnya telah ada.

Di tahun ini kami berencana membeli tembakau hasil panenan langsung dari para petani dan pengepul yang sebelumnya hanya di beri modal oleh pabrikan tapi saat ini kamilah yang membelikan dan menyediakan tembakau untuk pabrikan sehingga akan mendapatkan keuntungan berlipat. Selain itupula kami dapat menyimpan tembakau tersebut selama minimal 1 tahun sampai tembakau benar-benar siap pakai sehingga harganya pun akan berlipat lagi karena pabrikan bisa langsung pakai tanpa harus menyimpan dan merawat tembakau tersebut terlebih dahulu.

Setiap tahunnya pabrik Sampoerna melakukan pembelian kurang lebih 15000 ton yang kesemuanya di sediakan oleh pengepul kepercayaan Sampoerna dan telah 15 tahun kami adalah salah satu partner terpercaya sebagai rekanan pembelian tembakau Pakpi baru. Saat ini kapasitas kami hanya mampu menyediakan tembakau baru sekitar 1000 ton pertahun. Sedangkan untuk penyediaan tembakau baru untuk pabrik kecil dan pengepul di Sidoarjo dan Malang kami sanggup menyediakan kurang lebih 700 ton dengan stagnan stok dan 400 ton dengan perputaran normal. Maksudnya dari pembayaran tunai 400 ton awal kami belikan lagi tembakau untuk memenuhi kebutuhan mereka sampai terpenuhi 700 ton. Penjualan tembakau ini karena terbinanya hubungan baik dan saling mempercayai antara kami dan suplier yang telah di bina selama bertahun-tahun.

Pembelian dari petanipun harus dilakukan dengan uang tunai walau penjualan kami tunai tetapi terdapat jeda waktu yang sangat signifikan walaupun hanya sekitar 7 sampai 12 hari.
Dalam pembelian tembakau baru panen dimana pabrikan Besar seperti Sampoerna membuka pembelian, banyak hal yang bisa kita dapatkan selain nilai selisih antara pembelian dengan penjualan.
Karena pengalaman dan keahlian yang kami miliki kami dapat memprediksi gread tembakau di saat pembelian gread rendah tapi kami bisa memprediksi gread tersebut dapat di terima oleh pabrikan besar dengan harga gread yang lebih tinggi. Sehingga memberikan celah mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar.

Hal yang mungkin terjadi adalah di saat tembakau tersebut di sortir pabrikan adalah terjadinya tembakau afkir atau tembakau yang tidak memenuhi syarat di pakai oleh pabrik, banyak hal yang mempengaruhi penilaian tersebut, selain suasana hati sang Greader,istilah untuk orang yang memilih tembakau, juga terpengaruh oleh aroma dan warna tembakau. Tapi dengan keahlian dan pengalaman kami hal tersebut dapat di minimalisir sehingga tembakau afkir akan terjadi maximal 5% dari total jumlah pengiriman.
Tembakau afkir tersebut sudah pasti terjual kepada pabrikan yang lebih kecil yang sudah kami bangun sebelumnya yang saat ini sudah order rutinitas minimal 700 ton per musiman. Hal ini memberikan keleluasaan untuk melakukan pembelian lagi dari petani disaat pabrik besar sudah tutup gudang, saat inilah tembakau yang ada mengalami penurunan yang sangat signifikan yang biasanya mencapai 50%. Hal ini akan menurunkan beban modal yang sebelumnya telah diafkir dengan harga yang tinggi. Strategi ini sangat tepat dan tidak di miliki oleh kebanyakan pembeli dan ini adalah kesempatan yang sangat baik karena nilai lebih kami yang telah menjalin hubungan dengan banyak pabrik lainnya.

MODAL USAHA :
Modal yang di perlukan adalah Rp 4.000.000.000 ( Empat Milyar Rupiah).

PEMASARAN
1. Produk dan Segmentasi
Tembakau jenis Pakpi yang sesuai dengan selera konsumen dan pemenuhan kapasitas kebutuhan tembakau pakpi yang berkualitas.Segementasi usaha ini adalah Pabrik besar seperti Sampoerna, Bentoel dan Djarum, pabrik-pabrik kecil dan menengah di kota malang dan Sidoarjo juga penyediaan barang untuk Suplier besar di kota Malang yang menjalin kerja sama sebelumnya.
2. Permintaan
Sampoerna rata-rata setiap tahun memerlukan Kurang lebih 15.000 Ton dan hanya membeli dari pengepul atau mitra terpercaya, dan kami adalah salah satu mitra terpercaya Sampoerna.
3. Perkiraan Permintaan
Kualitas tembakau sangat rentan dan terpengaruh secara signifikan oleh cuaca dan suhu wilayah, diperkirakan panen tahun ini akan sangat baik karena cuaca yang akan bersahabat seperti halnya tahun 1989, 1999, 2006dan 2009. Ini akan sangat mempengaruhi permintaan yang sangat banyak. Hal ini juga di pengaruhi oleh panen tahun lalu yang kurang memuaskan dan mengalami penurunan permintaan. Sehingga pembelian tahun ini akan meningkat untuk memenuhi stok yang kurang di tahun lalu.
4. Pesaing
Pesaing sangat sedikit sekali karena kami adalah salah satu mitra Sampoerna terpercaya sejak 15 tahun lalu dan kurangnya pesaing di sebabkan modal yang sedikit dan kurang memahami karakter tembakau yang di inginkan.

TEKNIS
Lokasi Usaha
Dilaksanakan di daerah penghasil terbaik jenis tembakau ini yaitu di daerah Kabuh Jombang

KEUANGAN
Analisa Keuangan
Dalam analisa investasi kami menggunakan 2 metode, yaitu:
1. Payback Period adalah suatu periode yang diperlukan untuk menutup kembali investasi dengan menggunakan keuntungan ditambah penyusutan. Payback Period usaha ini adalah 6 Bulan.
2. Internal Rate of Return (IRR) adalah tingkat bunga yang akan menjadi nilai sekarang dari proceeds yang diharapkan yang akan diterima, sama dengan nilai sekarang dari pengeluaran modal. IRR yang baik jika lebih besar dari tingkat suku bunga Bank. IRR dalam 12 Bulan adalah 18%.

METODOLOGI
Metode yang di gunakan adalah:

Likuiditas
adalah ukuran kemampuan usaha dalam memenuhi kewajiban lancarnya, minimal 1 atau 100%.

Profitabilitas
Kemampuan usaha dalam menghasilkan laba dengan jumlah harta yang telah ditanamkan, dapat diukur dengan ROI (Rate of return Of Investment) dan ROE (Rate of return On Equity). ROI dan ROE yang baik lebih besar dari suku bunga bank.
Bulan ROI ROE
Bulan -1
Bulan -2
Bulan -3
Bulan -4
Bulan -5
Bulan -6-10%
Terlihat ROI dan ROE pada akhir pinjaman sudah lebih dari suku bunga bank dan makin meningkat sehingga dapat dinyatakan proyek ini layak dibangun.

PENUTUP
Benar-benar investasi yang menarik bukan?

Setelah beberapa hari saya posting catatan harian ini, teman-teman dari kalangan sendiri mencoba melacak no.HPku dan mereka sangat berharap untuk bisa bergabung dengan team saya dalam pembelian ini. Maka dengan ini saya hanya menulis artikel catatan harian dan berniat baik untuk berbagi pengalaman dan strategi. Bukan.. Bukan saya memerlukan sejumlah uang di atas. Keuangan, team dan strategi sudah seatle dan mantap terbentuk sejak lama... Mohon maaf Sobat!





No comments: